"Get Gifs at CodemySpace.com "

Jumat, 11 November 2011

Eksplorasi 3 Halaman 48 Ekonomi
1.    a. Contoh tindakan ekonomi:
Tidak membeli buku baru pada saat tahun ajaran baru, karena buku tahun ajaran sebelumnya masih bisa atau layak dipakai. Sehingga uang yang harusnya digunakan untuk membeli buku baru, digunakan untuk membeli bolpoin baru, karena bolpoin tahun ajaran lalu telah habis.
b. Alasan tindakan tersebut mencerminkan prinsip ekonomi:
Tindakan ekonomi diatas mencerminkan prinsip ekonomi yaitu, menyusun skala prioritas kebutuhan. Mengapa? Karena tindakan diatas mendahulukan yang sangat diperlukan.
2.   a.  Contoh tindakan ekonomi:
Menabungkan sebagian uang jajan. Sisa uang jajan yang kita tabungkan suatu saat akan sangat berguna bagi kita. Misalnya, orang tua kita membiayai kakak kita yang sedang kuliah, kita harus mengorbankan sedikit uang saku kita untuk uang saku sementara.
     b. Alasan tindakan tersebut mencerminkan prinsip ekonomi:
Tindakan ekonomi di atas mencerminkan prinsip ekonomi, yaitu bersikap hemat.
Mengapa? Karena di atas berbuat hati-hati dalam membelanjakan uang.
3.   a.  Contoh tindakan ekonomi:
Sebelum membeli sesuatu , kita harus mengetahui tentang harga dan kualitas barang tersebut. Agar sesuai dengan kondisi keuangan kita.
b. Alasan tindakan tersebut mencerminkan prinsip ekonomi:
Tindakan ekonomi di atas mencerminkan prinsip ekonomi, yaitu memilih barang/jasa yang terbaik. Mengapa? Karena tindakan di atas dilakukan untuk memperoleh kepuasan maksimum sehingga hidupnya layak.
4.   a.  Contoh tindakan ekonomi:
Membeli sesuatu dengan memperhatikan manfaat jika kita membelinya. Sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia dari sesuatu yang kita beli.
     b. Alasan tindakan tersebut mencerminkan tindakan ekonomi:
Tindakan ekonomi di atas mencerminkan prinsip ekonomi yaitu, memerhatikan manfaat barang dan jasa. Mengapa? Karena tindakan di atas dilakukan untuk memperoleh kepuasan maksimum atas konsumsi barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar